Obat Asam Lambung Alami www.obatasamlambungalami.com Salah satu produk terbaik obat asam lambung alami adalah QnC Jelly Gamat, yang terbuat dari teripang emas. arrow
Iklan oleh Asam Lambung info

Cuaca Tidak Menentu, Awas Radang Tenggorokan Pada Anak

Terkadang cuaca di negara kita tidak menentu, terlebih lagi di pulau Jawa. Kondisi cuaca yang berubah-ubah tersebut bisa mengganggu kondisi kesehatan si kecil. Karena, perubahan suhu bisa membuat bibit penyakit dari bakteri, jamur maupun virus berkembang. Dengan kondisi sistem imun si kecil yang belum sepenuhnya stabil, yang mana ketika sistem imun si kecil sedang mengalami penurunan, penyebab penyakit bisa menyerang tubuh mereka. Salah satunya adalah radang tenggorokan pada anak.

Radang Tenggorokan Pada Anak
Sumber: www.flickr.com
Radang tenggorokan ini merupakan kondisi tenggorokan yang sedang mengalami peradangan, kondisi tenggorokan si kecil dengan radang tenggorokan bisa sebabkan nyeri ketika menelan. Radang tenggorokan pada anak ini lebih banyak terjadi pada anak usia 5 sampai 15 tahun, dan bisa sangat mudah menular.


Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak

Virus adalah penyebab umum radang tenggorokan. Bakteri dan jamur juga bisa sebabkan radang tenggorokan, akan tetapi jarang sekali terjadi. Virus tersebut menular melalui percikan renik ketika penderita bersin, berbicara dan batuk.

Tidak keseluruhan organ tenggorokan mengalami peradangan, akan tetapi itu bisa saja terjadi. Area tenggorokan ini meliputi amandel, rongga mulut bagian belakang, laring dan disekitarnya.

Perlu diketahui radang tenggorokan ini bisa terjadi pada orang dengan beragam usia, namun anak-anak adalah yang paling mudah terinfeksi.

Gejala Radang Tenggorokan Anak

Radang tenggorokan yang terjadi pada anak ini memiliki tanda-tanda yang dapat dengan mudah ditemui, adalah
  • Kemerahan dan bercak putih pada amandel
  • Demam atau sakit kepala
  • Terkadang ruam
Tanda-tanda atau gejala tersebut dapat terlihat pada hari ke dua atau ke tiga setelah tertular. Selain itu sakit perut, kelenjar getah bening bengkak, muntah dan mual juga bisa terjadi.

Memastikan Si Anak Menderita Radang Tenggorokan

Untuk lebih memastikan si anak menderita radang tenggorokan bawalah ke dokter. Dokter akan mengambil sampel dari tenggorokan anak untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak.

Tes tersebut dilakukan cukup singkat, yaitu sekirat 10 - 20 menit. Apabila dokter menyataka positif, itu berarti si anak mengalami radang tenggorokan. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan akan menyarankan untuk banyak minum.

Untuk pada orang tua berikanlah perawatan pada si kecil, yaitu dengan memberikan asupan makan bernutrisi dan seimbang dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan si anak. Jangan sampai radang tenggorokan pada anak ini menghambat tumbuh kembang si anak.

Artikel Terkait

Cuaca Tidak Menentu, Awas Radang Tenggorokan Pada Anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email