Obat Asam Lambung Alami www.obatasamlambungalami.com Salah satu produk terbaik obat asam lambung alami adalah QnC Jelly Gamat, yang terbuat dari teripang emas. arrow
Iklan oleh Asam Lambung info

Dampak Buruk Sering Menggunakan Kipas Angin dan AC

Dampak Buruk Sering Menggunakan Kipas Angin
Sumber: www.flickr.com
Dewasa ini cuaca sering sekali berubah-ubah, dan bahkan suhu yang sering meningkat membuat tangan kita tergerak menyalakan kipas angin atau AC. Kebanyakan orang akan mengatasi udara pada dengan kipas angin atau AC. Dan tanpa disadari masyarakat perkotaan membeli kipas angin atau AC seperti barang yang wajib dipenuhi.

Memang, dengan barang-barang elektronik tersebut kita akan mengatasi cuaca panas. Namun, tahukan kamu bahwa penggunaan kipas angin dan AC terlalu sering bisa memberikan dampak buruk?

Mungkin tidak banyak yang tahu akan dampak berbahaya dari penggunaan kipas angin atau AC jangka panjang. Dari itulah tulisan ini akan memaparkan bagaimana dampak buruk sering menggunakan kipas angin atau AC.


  • Lumpuh pada wajah
Kondisi ini atau dalam bahasa inggrisnya bell’s palsy adalah kondisi kekakuan yang terjadi secara tiba-tiba pada bagian wajah. Kondisi tersebut bukan merupakan gejala penyakit stroke, akan tetapi diakibatkan oleh penggunaan kipas angin dan AC yang terlalu sering. Umumnya kondisi tersebut diawali dengan beberapa gejala, antaranya : bicara tidak jelas, mata terasa pedih saat cuci muka, sulit membuka mulut, berkurangnya fungsi lidah, dan lain sebagainya. Yang menyebab kelumpuhan tersebut masih belum diketahui, namun pada ahli kesehatan percaya ini disebabkanoleh infeksi virus yang terbawa oleh udara.

  • Mudah kesemutan
Seringnya tubuh terpapar udara dingin bisa sebabkan munculnya rasa kesemutan hingga nyeri pada sendi tangan, yang diakibatkan pembengkakan saraf.

  • Otot leher kaku
Kaku pada otot leher setelah bangun tidur merupakan tanda kalau orang tersebut sering menggunakan kipas angin ataupun AC. Gejala yang dirasakan, antara lain : leher terasa nyeri saat menoleh, digerakkan, saat bicara atau batuk.

  • Sesak napas
Tubuh yang terlalu sering terpapar kipas angin atau AC bisa menyebabkan masalah pada saluran pernapasan, salah satu diantaranya adalah sesak napas.

  • Dehidrasi dan Hipotermia
Penggunaan kipas angin dan AC diruangan tertutup dalam jangka waktu yang lama bisa sebabkan tubuh kehilangan cairan dan hipotermia yang bisa berujung kematian. Gejala hipotermia ringan, antara lain : kulit berwarna keabu-aabuan, detak jantung melemah, tekanan darah turun, dan kontraksi otot.

Demikian dampak buruk sering menggunakan kipas angin dan AC, pastikan kurangi penggunaan kipas angin dan AC, apabila tubuh terasa tidak enak setelah terlalu lama menggunakan kipas angin dan AC segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Artikel Terkait

Dampak Buruk Sering Menggunakan Kipas Angin dan AC
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email