Obat Asam Lambung Alami www.obatasamlambungalami.com Salah satu produk terbaik obat asam lambung alami adalah QnC Jelly Gamat, yang terbuat dari teripang emas. arrow
Iklan oleh Asam Lambung info

8 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Bawang putih atau sebutan biologisnya Allium sativum telah berkontribusi sebagai bahan makanan sehat di dunia.

Terdapat beragam manfaat kesehatan dalam bawang putih, sehingga membuatnya banyak dicari di sebagian belahan dunia.

Bawang putih ini aman dikonsumsi dengan berbagai proses penyajian, bahkan aman dimakan mentah. Menambahkan bawang putih pada masakan berkuah bisa memberikan rasa dan aroma yang khas.

Ada juga yang membentuk bawang putih ini sebagai sebuah suplemen yang terbentuk dari ekstrak bawang daun dan minyak bawang putih.
Sumber: pixabay.com
Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat rumah, yang mungkin bisa didapat di kotak obat. Karena bawang putih bisa melawan sejumlah penyakit dalam tubuh. Dan yang paling unggulkan dari bawang putih ini adalah untuk kesehatan mulut. Nutrisinya pun tinggi dan sangat rendah kalori.

Ketahuilah manfaat bawang putih untuk kesehatan, walaupun kamu mungkin tidak menyukainnya, tapi banyak alternatif lain untuk bisa merasakan khasiat dari bawang putih ini. Berikut adalah beberapa manfaat menakjubkan dari bawang putih.Menyimpan Mineral dan Vitamin
Bawang putih kaya akan mineral dan vitamin, seperti selenium, mangan, vitamin B6, C dan serat.

Selain itu, juga terdapat zat besi, kalium, fosfor, kalsium, tembaga dan vitamin B1.

Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut hasil survei, mengkonsumsi bawang putih secara rutin bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala flu hampir 63%.

Bawang putih mengandung antioksidan. Jadi, ahli gizi akan selalu menyarankan orang yang rentan sakit dan masuk angin untuk mengkonsumsi lebih banyak bawang putih dalam makanan mereka.

Bisa Mengurangi Tekanan Darah

Bawang putih memiliki senyawa yang disebut sebagai polisulfida. Sel-sel darah merah akan mengkonversi polisulfida ke hidrogen sulfida, yang mana akan membantu dalam melebarkan pembuluh darah, dengan demikian bawang putih bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Orang dengan darah tinggi bisa memakan bawang putih mentah untuk menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

Dapat Mengontrol Berat Badan

Konsumsi secara teratur dapat membantu tubuh mengurangi timbunan lemak.

Bawang putih juga bisa menekan nafsu makan dengan merangsang pusat rasa kenyang di otak dengan bau yang kuat.

Mampu Mencegah Pembentukan Gumpalan Darah

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut dengan ajoene. Ajoene ini memiliki sifat anti-pembekuan yang dapat membantu dalam mencegah pembekuan darah.

Dengan demikian, rutin mengkonsumsi bawang putih bisa mencegah pembekuan darah dan juga membantu mengurangi risiko pembekuan kembali pasca operasi dan juga penyakit kardiovaskular.

Bisa Menjaga Kondisi Jantung

Rutin memasukan bawang putih pada setiap jadwal makan bisa membantu mempertahankan elastisitas arteri. Dan juga bisa melawan radikal bebas dan melindung jantung.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Mencegah Kanker Pankreas

Ajoene dalam bawang putih memiliki sifat anti-pembekuan dan polisufida yang bisa melebarkan pembuluh darah, bisa bersama-sama membantu menjaga kondisi jantung tetap sehat.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Allicin yang merupakan senyawa tambahan dalam bawang putih dapat membantu mengontrol kadar trigliserida yang terdapat dalam darah, sehingga akan menurunkan tingkat kolesterol tubuh.

Memenuhi Penderita Defisiensi Zat Besi

Sulfida dialil yang ditemukan dalam bawang putih bisa meningkatkan metabolisme zat besi dengan meningkatkan produksi ferroportin yang bisa membantu penyerapan dan pelepasan zat besi.
Oleh karena itu, bawang putih dapat memenuhi zat besi penderita defisiensi zat besi.

8 manfaat bawang putih untuk kesehatan diatas bisa didapatkan dengan tidak berlebihan mengkonsumsinya atau tidak mengkonsumsi secara rutin. Banyak produk suplemen bawang putih yang bisa didapatkan, namun perlu berhati-hati saat memilihnya, pastikan suplemen tersebut Aman dan juga Halal.

Artikel Terkait

8 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email